Alhamdulillah, Semakin Banyak yang Menentang Rencana Pembakaran Al-Qur’an

Selain HTI dan FPI, semakin banyak pihak yang menentang rencana gila pembakaran Al-Qur’an sebagai peringatan 9/11 di Florida, AS.

Tokoh Agama Mengecam Aksi Pembakaran Al-Quran Sedunia

Jakarta (ANTARA News) – Para tokoh agama di Indonesia yang tergabung dalam Gerakan Peduli Pluralisme mengecam rencana aksi pembakaran Al-Quran sedunia memperingati 9 tahun robohnnya World Trade Center pada 11 September 2001.

“Kami mengutuk rencana aksi pembakaran Al-Quran sedunia,” kata Ketua Bidang Kerukunan Antar Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia(MUI) Slamet Effendi Yusuf dalam jumpa pers, di Jakarta, Senin sore.

Rencana aksi pembakaran Al-Quran sedunia dilakukan oleh kelompok yang menamakannya dirinya Dove World Outreach Center berkantor di Florida, Amerika Serikat.

Menurut Slamet, rencana pembakaran Al-Quran sedunia tidak mencerminkan niat mayoritas umat kristen karena merupakan niat dari kelompok kecil masyarakat saja.

Slamet mengungkapkan, umat Islam di seluruh negara agar tidak terprovokasi dan berdoa agar rencana aksi ini tidak terjadi.

“Jika aksi pembakaran Al-Quran benar-benar terjadi akan terjadi konflik yang luar biasa diseluruh negara,” ungkap Slamet.

Selanjutnya, kata Slamet, seluruh umat manusia di dunia agar mentikapi rencana aksi ini dengan membuat langkah-langkah yang konstruktif.

“Harus ada dialog antar peradaban untuk menghilangkan sikap eksklusif atau tidak peduli terhadap kebersamaan,” ungkap Slamet.

Menurut Slamet, pemerintah dan pers di Amerika menanggapi pernyataan dari para tokoh agama di Indonesia yang mengutuk rencana aksi pembakaran Al-Quran.

Ketua Gerakan Peduli Pluralisme Damien Dematra dalam kesempatan yang sama mengatakan, jika rencana aksi pembakaran Al-Quran benar terjadi bisa memicu terjadinya perang antar umat beragama.

“Jika rencana aksi ini benar terjadi dampaknya akan sangat serius terhadap masyarakat di seluruh negara,” ungkap Damien.

Menurut Damien, saat ini di dunia maya melalui jejaring youtube dan facebook sekitar ratusan ribu orang telah menyatakan mendukung rencana aksi tersebut dan ini sangat berbahaya.

“Saat ini tugas para pemimpin umat beragama di seluruh negara agar menenangkan situasi masyarakat,” ungkap Damien,

Menurut Damien, demi kebebasan hak asasi manusia(HAM) maka seluruh umat manusia di dunia harus melakukan sesuatu.(*)
Sumber : http://www.antaranews.com/berita/1281394776/tokoh-agama-mengecam-aksi-pembakaran-al-quran-sedunia/

Bahkan dari umat Kristiani sendiri juga menolak rencana itu. :thanks:

Tolak Rencana Pembakaran Quran, GPP Ancam Akan Bakar Injil

Monday, 30 August 2010 22:02
Rencana pembakaran Alquran yang dilakukan sebuah sekter kecil di Florida, Amerika Serikat umtuk memperingati tragedi serangan 11 September, terus mendapatkan tentangan. Bahkan Gerakan Peduli Pluralisme (GPP) menilai hal tersebut merupakan rencana sinting.

“Kami sebagai non Muslim sangat menentang tindakan gila itu,” tegas Koordinator Nasional GPP Damien Dematra saat bertemu dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Jakarta, Kamis (26/8).

Tindakan itu, menurut dia, akan memberikan dampak tidak hanya kepada Islam, tapi juga agama lainnya. Kalaupun benar terjadi, lanjut Damien, bukan tidak mungkin perang agama akan terjadi di dunia. Sehingga, masing-masing agama akan melakukan aksi balas dendam dengan saling membakar kitab suci lainnya.

Jika rencana pembakaran Al Quran tak dapat dihentikan, ditegaskan dia, maka umat Kristiani juga akan melakukan aksi gila lainnya. Karena itu, Damien dan rekan-rekannya mengatakan akan membakar kitab suci agama Kristen, yakni Injil.

“Saya orang Indonesia, saya cinta negeri ini dan saya akan memperjuangkan segala hal yang mengancam negeri ini. Indonesia dibangun oleh banyak budaya dan agama,” tandas Damien. (inilah)

Sumber : http://www.terangdunia.com/index.php?option=com_content&view=article&id=887:tolak-rencana-pembakaran-quran-gpp-ancam-akan-bakar-injil&catid=48:editorial&Itemid=89

Bahkan pihak Kedubes AS di Indonesia juga mengecam rencana aksi itu.


Perwakilan GPP yang terdiri dari Damien, Ketua Komisi Wali Gereja Indonesia(KWI) Uskup Mandagi, Ketua Komisi Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia(PGI) Pendeta Hendrik, dan Sekretaris Pimpinan Pusat(PP) Muhammadiyah Abdul Mu`ti diterima oleh Kepala Bagian Politik Kedutaan Besar(Kedubes) Amerika Serikat(AS) Ted Lyng, Senin siang kemarin di kantor Kedubes AS.

Menurut Damien, pemerintah AS sangat konsern terhadap rencana aksi pembakaran Al-Quran sedunia yang dilakukan oleh kelompok jamaah salah satu gereja di AS yang menamakan dirinya Dove World Outreach Center memperingati robohnya gedung World Trade Center(WTC) pada 11 September 2001 di AS.

Selanjutnya, kata Damien, pihak Kedubes AS yang diwakili oleh Ted Lyng mengatakan, prihatin dan warga AS dari seluruh agama tidak setuju dengan rencana aksi pembakaran Al-Quran sedunia.

“Pihak Kedubes AS mengucapkan terima kasih karena telah menerima surat pernyataan bersama para tokoh agama di Indonesia yang menolak rencana aksi pembakaran Al-Quran sedunia,”ungkap Damien.

“Kami sangat prihatin atas adanya kampanye tersebut. Warga Amerika Serikat dan seluruh umat beragama tidak setuju dengan inisiatif dari kelompok tersebut. Kami sangat berterima kasih atas ‘Surat Pernyataan Bersama’ dan komunikasi yang baik dari para pemimpin agama di Indonesia dalam menyikapi masalah ini,” ujar Ted seperti diberitakan dalam keterangan Pers GPP.

Damien mengungkapkan, pihak Kedubes AS berjanji akan menyampaikan pesan dari GPP kepada pemerintah AS secepatnya dan setelah itu akan segara menyatakan sikap terhadap rencana pembakaran Al-Quran di AS secara resmi.

Sekretaris PP Muhammadiyah Abdul Mu`ti dalam kesempatan yang sama mengatakan, rencana aksi pembakaran Al-Quran merupakan akibat dari situasi politik global untuk meningkatkan popularitas pribadi atau kelompok kecil di AS.

Menurut Abdul, pemerintah AS tidak bisa hanya menyatakan kekecewaannya saja tetapi juga harus ada langkah nyata menggagalkan rencana aksi pembakaran Al-Quran di AS.

Sumber : http://www.suaramedia.com/berita-nasional/26892-kedubes-as-dukung-kecaman-pembakaran-al-quran-sedunia.html

Setuju banget. Pemerintah AS tidak bisa hanya menyatakan kekecewaannya saja tetapi juga harus ada langkah nyata menggagalkan rencana aksi pembakaran Al-Quran di AS.

4 thoughts on “Alhamdulillah, Semakin Banyak yang Menentang Rencana Pembakaran Al-Qur’an

  1. ternyata pembakaran al-qur’an tetap terjadi. hal ini dilakukan oleh 2 orang pendeta idiot yang terlanjur malu karena sudah berencana sejak lama, Semoga ummat islam tetap “dingin kepala” dan bisa menyelesaikan permasalahan besar ini dengan bijaksana, tapi tetap harus tegas terhadap 2 orang pendeta yang melakukan penistaan agama, serta tetap menjaga jangan sampai ummat islam melakukan “perbuatan bodoh” yang akan memicu kembali pertikaian ini

    salam,
    Bolehngeblog

    • Ya, gan. Masih banyak orang yang tidak bisa berfikir secara waras. Semoga umat Islam makin sadar pentingnya persatuan Umat Islam seluruh Dunia, untuk mengantisipasi penistaan semacam ini supaya tidak terus berulang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s