Perkenalan Diri dalam Bahasa Jepang

Nyambung lagi, belajar Bahasa Jepangnya (Nihon-Go no Benkyo, 日本語の勉強)

Perkenalan Diri (Jikoshoukai, 自己紹介)

Hajimemashite, はじめまして = Senang bertemu Anda.
Watashi wa …. desu, わたしは…です = Saya (nama saya) adalah …
Douzo yoroshiku どうぞよろしく= Mohon bimbingannya (arti harfiahnya = mohon kebaikan Anda)

Dalam Bahasa Jepang, Jikoshoukai biasanya ada 3 urutan yang umum diucapkan, seperti pada contoh di atas.

  1. Memulai perkenalan diri. Senang berkenalan dengan Anda. Nice to meet you (dlm bhs Inggris).
    • Hajimemashite, はじめまして.
  2. Memperkenalkan diri. Perkenalkan nama, kebangsaan, pekerjaan, dll atribut Anda.
    • Watashi wa … desu, わたしは…です = Saya (nama saya) adalah …
    • Watashi no namae wa … desu, わたしの名前は…です = Nama saya adalah …
    • Namae wa … desu, 名前は…です = Nama (saya) adalah …
    • Watashi wa … to moushimasu, わたしは…と申します = Saya dipanggil (nama saya) … <– jauh lebih sopan/ menghormat.
  3. Mohon bombingannya.
    • Yoroshiku, よろしく
    • Douzo yoroshiku, どうぞよろしく
    • Douzo yoroshiku onegai shimasu, どうぞよろしくおねがいします <– paling sopan.

Pada bagian (2) memperkenalkan atribut diri, bisa dikembangkan misalnya :

Watashi wa Indoneshia no Andi desu, わたしはインドネシアのアンディーです = Saya Andi yang berkebangsaan Indonesia.

Watashi wa Indoneshia jin desu, わたしはインドネシアじんです = Saya orang Indonesia.

Watashi wa Indoneshia kara kimashita, わたしはインドネシアからきました = Saya datang dari Indonesia.

(Silakan baca juga  tulisan ini)

Watashi wa sensei desu, わたしはせんせいです = Saya adalah guru.

Jika perkenalan diri sudah selesai, maka pihak lawan bicara akan menjawab :

Kochira koso yoroshiku onegai shimasu, こちらこそよろしくおねがいします = Saya juga mohon bimbingan Anda.

Contoh Percakapan :

Misalnya, Andi, seorang mahasiswa dari Indonesia datang ke Jepang, kemudian memperkenalkan diri kepada Tn Nakata.

Tn. Andi : Hajimemashite. Watashi wa Andi to moushimasu. Indoneshia kara kimashita. Watashi wa gakusei desu. Douzo yoroshiku onegai shimasu.

Tn. Nakata : Kochira koso yoroshiku onegai shimasu.

Kosa Kata Baru :

Na-ma-e, 名前 = nama

Sen-sei, せんせい = guru

Ga-ku-sei, がくせい = mahasiswa

Ka-i-sya-in, かいしゃいん = karyawan

Kei-sa-tsu-kan, けいさつかん = polisi

I-sya, いしゃ = dokter

Kan-go-fu, かんごふ = perawat

Hi-syo, ひしょ = sekretaris

In-do-ne-shi-a, インドネシア = Indonesia

A-me-ri-ka, アメリカ = Amerika (Serikat)

Me-ki-shi-ko, メキシコ = Meksiko

Fu-ran-su, フランス = Perancis

I-gi-ri-su, イギリス = Inggris

Oo-su-to-ra-ri-a, オ-ストラリア = Australia

(Insya Allah nyambung lagi…, doakan saya nggak males nulis)

62 thoughts on “Perkenalan Diri dalam Bahasa Jepang

  1. terima kasih untuk infonya , saya tertarik bergabung diblog ini tapi tidak menemukan kotak followersnya. kunjungi dan beritahu informasi lebih lanjut kepada saya i wwwhanakhairunnisa.blogspot.com

    konichiwa~~~

  2. mas/pak..saya mau tanya bagaimana cara yg efektif untuk mempermudah saya dalam memahami bahasa jepang terutama dalam grammar apakah ada tekhnik2 tertentu?(saya sudah bisa kalau sekedar utntuk bicara/ngomong saja tapi untuk dalam hal penulisan/email dll masih agak susah)

  3. @rajaebook : iie, sore hodo demo nai
    kalo belajar grammar, paling cocok dengan membaca2 buku, terutama yg serius (bukan yg komik)
    kalo menambah kosakata ekspresi paling cocok dengan percakapan langsung dg native speaker.

  4. trima kasih ya,, sensei galih liat saya buka menu ini, dia percaya saya lg belajar bahasa jepang,,,

    iroiro osewaninarimashita ,,,,,

  5. trimakasih banyak sensei, nih membantu saya dalam pelajaran saya bahasa jepang. saya suka belajar bahasa jepang.:>

  6. Ping-balik: Get More Over Here

  7. Ping-balik: Belajar Bahasa Jepang (私はインドネシアから来ました?) | Catatan Pojok

Tinggalkan Balasan

